Jumat, 12 Desember 2014

Memasukan pensil kedalam Botol



Memasukan pensil kedalam Botol
A.   Synopsis Permainan
          Permainan ini dilakukan dengan dua permainan . Pada garis star menuju botol para pemain memantulkan bola seraya menggiringnya  menuju botol berada sesampainya di botol masing-masing  pemain  memasukan pensil yang di bawa di pinggangnya kedalam botol. Jika sudah berhasil memasukan pensil tersebut kedalam botol para pemain membawa botol tersebut kembali dengan berlari zig-zag.
B.   Konsep imajinasi anak dari permainan Manfaat  dan Tujuan
Dalam permainan ini anak akan berfikir bagaimana cara mereka berlari sambil menggiring bola yang di pantulkan menuju botol. Setelah sampai di botol anak berfikir bagaimmana memasukan pensil yang tergantung di pinggannya tanpa harus memegang pensil tersebut . Jika pensil sudah masuk ke dalam botol anak berusaha untuk membawa pensil di dalam botol tersebut berlari menuju garis finish yang telah di tentukan.
C.   Permainan Balon Gambar.
Adapun tujuan dan manfaat dalam permainan ini diantaranya :
a.       Meningkatkan aktivitas gerak dan keseimbangan .
b.      Melatih motorik kasar anak dalam menggiring bola dengan di pantulkan
c.       Melatih kelincahan anak
d.      Memberikan kesenangan yang bersifat menghibur.


D.   Unsur-unsur yang terkandung dalam permainan
a.       Afektif
Secara afektif dapat mengembangkan konsentrasi saat bermain yaitu bagaimana cara anak agar dapat membawa balon tanpa membuat balon tersebut tidak terjatuh dan menjalin kekompakan dalam  tim
b.      Kognitif
Nilai kognitif yang terkandung dalam permainan ini yaitu sprtifitas saat bermain, kesabaran, emosi  saat menentukan strategi yang baik dan solidaritas yang tinggi.
c.       Psikomotor
Nilai psikomotor dalam permainan ini yaitu dapat meningkatkan keterampilan gerak , kelincahan, keseimbangan dan melatih motorik halus anak.
d.      Social
Nilai social yang terkandung didalamnya adalah kerjasama sesame tim yang berperan dalam membawa balon dan menyelesaikan gambar yang menjadi akhir permainan
E.   Desain permainan
Alat dan Bahan
  • Botol
  • Tali rafia
  • Pensil
  • Bola basket atau tennis
waktu : tidak ditentukan
peserta 2 orang

Cara bermain :
  1. Anak berjalan seraya menggiring bola yang di pantulkan menuju botol.
  2. Setelah sampai pada botol anak berusaha memasukan pensil kedalam botol tanpa menyentuh atau memegang pensil tersebut.
  3. Jika pensil telah masuk kedalam botol para pemain membawa botol tersebut berlari zig-zag menuju garis finish yang telah di tentukan
  1. Peraturan permainan
Adapun  peratuaran pada permainan ini sederhana sekali  yang mana setiap pemain harus menggiring bola dengan memantulkan bola. Jika sampai ke botol pemain harus memasukan pensil kedalam botol tanpa menyentuh pensil tersebut. Jika telah berhasil para pemain membawa botol tersebut berlari zig-zag menuju finish.




DAFTAR  PUSTAKA

Aini.2006.membaca dan Menulis Seasyik Bermain.Bandung:Mizan Media Utama.
http://dikadjus.blogspot.com/p/artikel-permainan-tradisional.html http://www.bppaudnibanjarbaru.org/index.php/berita-dan-informasi-umum/163-buat-mainan-sesuai-karakter-usia-dini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar