Jumat, 12 Desember 2014

Permainan Balon Gambar



Permainan Balon Gambar
A.   Synopsis Permainan
Dalam permainan balon gambar  ini Tim  berjaalan jongkok  dari garis star menuju  pos 2 selanjutnya, dalam perpindahan dari pos ke pos anak akan meloncat dengan 1 kaki. Setelah sampai pada pos 2 (pos balon) anak dengan pasangannya mengambil satu balon dan membawa balon tersebut di kening mereka menuju pos 3, pada pos 3 ini anak mengganti cara membawa balon dengan cara meletakkan di perut mereka.  Pada ujung pos ke 3 anak meletuskan balon  dan mengambil masing-masing  gambar yang terdapat dalam balon setelah itu anak mencari gambar yang sesuai dengan gambar yang di pegangnya dan menjelaskan bentuk gambar yang masih putus-putus. Jika sudah selesai anak menempelkan gambar yang sudah selesai di gambarnya pada tempat yang sudah di sediakan.
B.   Konsep imajinasi anak dari permainan Balon Gambar
            Dalam permainan ini anak akan berfikir bagaimana cara mereka agar tidak jatuh dan berhati-hati membawa balonnya melewati pos-pos yang ada dengan cepat. Disini akan melatih kekompakan anak dengan timnya dan berfikir bagaimana cara meletuskan balon tanpa menggunakan alat bantu apapun. Dan menyelesaikan rintangan terakhir yaitu menyelesaikan gambar yang masih berbentuk garis putus-putus.
C.   Manfaat  dan Tujuan Permainan Balon Gambar.
Adapun tujuan dan manfaat dalam permainan ini diantaranya :
a.       Meningkatkan aktivitas gerak dan keseimbangan .
b.      Melatih motorik halus anak dalam menyelesaikan gambar.
c.       Melatih kelincahan anak
d.      Melatih kekompakan dan kerjasama  anak dengan timnya.
e.       Memberikan kesenangan yang bersifat menghibur.
D.   Unsur-unsur yang terkandung dalam permainan
a.       Afektif
Secara afektif dapat mengembangkan konsentrasi saat bermain yaitu bagaimana cara anak agar dapat membawa balon tanpa membuat balon tersebut tidak terjatuh dan menjalin kekompakan dalam  tim
b.      Kognitif
Nilai kognitif yang terkandung dalam permainan ini yaitu sprtifitas saat bermain, kesabaran, emosi  saat menentukan strategi yang baik dan solidaritas yang tinggi.
c.       Psikomotor
Nilai psikomotor dalam permainan ini yaitu dapat meningkatkan keterampilan gerak , kelincahan, keseimbangan dan melatih motorik halus anak.
d.      Social
Nilai social yang terkandung didalamnya adalah kerjasama sesame tim yang berperan dalam membawa balon dan menyelesaikan gambar yang menjadi akhir permainan
E.   Desain permainan
Alat dan Bahan
1.      Lapangan yang luas
2.      kayu kurang lebih setengah meter
3.      tali rafiah secukupnya
4.      kertas hvs
5.      gunting
6.      pisau
7.      balon
8.      serpisahan kertas
9.      sterofom (1 buah)
10.  spidol (2 buah)

waktu : tidak ditentukan
peserta 8 orang (bermain secara berpasangan)
Cara bermain :
1.      Star, anak berjalan dengan jongkok
2.      melompat dengan 1 kaki yang di batasi tali
3.      ambil 1 balon kemudian dibawa secara bersamaan oleh keduanya, dari pos 1 ke pos 2 bawa balon dengan kening, kemudian pada pos ke 2 sampai pos 3 diganti  bawa balon dengan perut
4.      setelah tiba di pos 3letuskan balon tadi dengan cara apapun kecuali dengan jarun atau kayu atau sejenisnya
5.      kemudian ambil kertas kecil yang ada pada balon tersebut, cari gambar yang sesuai dengan gamabar  yang dikertas kecil tadi, kemudian lanjutkan garis gambar tersebut dan tempelkan pada papan yang telah ada disediakan dan permainan finish.
  1. Peraturan permainan
            Adapun  peratuaran pada permainan ini sederhana sekali  yang mana setiap pasangan atau tim ini harus membawa bola sesuai aturan yang yang telah ditentukan dan tidak boleh jatuh atau meletus sebelum samapai pada pos ke 3, jika jatuh ambil lagi balon nya dan jika pecah mulai dari pertama dan ambil balonnya lagi dan pada pos ke 3 letuskan balon, ambil kertas dalam dari balon yang dipecahkan tadi, kemudian cari gambar yang mirip dengan kertas tadi kemudian lanjutkan garis gambar tersebut dan temple pada papan yang telah disediakan. Permainan ini harus di selesaikan oleh semua anggota kelompok secara berpasangan.




BAB III
PENUTUP
A.   KESIMPULAN
            Permainan dilakukan ditempat yang luas dalam anggota yang banyak dan juga dapat disesuaikan. Dalam permainan ini dapat melatih kekompakan dan motorik halus anak dalam bermain. Selain itu jug adapt melatih konsentrasi anak dalam menyeesaikan gambar. Sehingga  dalam sebuah permainan sederhana kita dapat melatih kognitif, afektif, psikomotor dan social anak.
B.   SARAN
            Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna, kritik dan saran yang bersifat membangun dari pembaca sekalian sangat penulis harappkan guna kesempurnaan makalah ini di masa mendatang.










DAFTAR  PUSTAKA

Aini.2006.membaca dan Menulis Seasyik Bermain.Bandung:Mizan Media Utama.
http://bidanku.com/perkembangan-motorik-halus-anak
http://www.bppaudnibanjarbaru.org/index.php/berita-dan-informasi-umum/163-buat-mainan-sesuai-karakter-usia-dini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar