Permainan Balon Gambar
A.
Synopsis
Permainan
Dalam
permainan balon gambar ini Tim berjaalan jongkok dari garis star menuju pos 2 selanjutnya, dalam perpindahan dari pos
ke pos anak akan meloncat dengan 1 kaki. Setelah sampai pada pos 2 (pos balon)
anak dengan pasangannya mengambil satu balon dan membawa balon tersebut di
kening mereka menuju pos 3, pada pos 3 ini anak mengganti cara membawa balon
dengan cara meletakkan di perut mereka. Pada ujung pos ke 3 anak meletuskan balon dan mengambil masing-masing gambar yang terdapat dalam balon setelah itu
anak mencari gambar yang sesuai dengan gambar yang di pegangnya dan menjelaskan
bentuk gambar yang masih putus-putus. Jika sudah selesai anak menempelkan
gambar yang sudah selesai di gambarnya pada tempat yang sudah di sediakan.
B.
Konsep
imajinasi anak dari permainan Balon Gambar
Dalam
permainan ini anak akan berfikir bagaimana cara mereka agar tidak jatuh dan
berhati-hati membawa balonnya melewati pos-pos yang ada dengan cepat. Disini
akan melatih kekompakan anak dengan timnya dan berfikir bagaimana cara meletuskan
balon tanpa menggunakan alat bantu apapun. Dan menyelesaikan rintangan terakhir
yaitu menyelesaikan gambar yang masih berbentuk garis putus-putus.
C.
Manfaat dan Tujuan Permainan Balon Gambar.
Adapun tujuan
dan manfaat dalam permainan ini diantaranya :
a. Meningkatkan
aktivitas gerak dan keseimbangan .
b. Melatih
motorik halus anak dalam menyelesaikan gambar.
c. Melatih
kelincahan anak
d. Melatih
kekompakan dan kerjasama anak dengan
timnya.
e. Memberikan
kesenangan yang bersifat menghibur.
D.
Unsur-unsur
yang terkandung dalam permainan
a. Afektif
Secara
afektif dapat mengembangkan konsentrasi saat bermain yaitu bagaimana cara anak
agar dapat membawa balon tanpa membuat balon tersebut tidak terjatuh dan
menjalin kekompakan dalam tim
b. Kognitif
Nilai
kognitif yang terkandung dalam permainan ini yaitu sprtifitas saat bermain,
kesabaran, emosi saat menentukan
strategi yang baik dan solidaritas yang tinggi.
c. Psikomotor
Nilai
psikomotor dalam permainan ini yaitu dapat meningkatkan keterampilan gerak ,
kelincahan, keseimbangan dan melatih motorik halus anak.
d. Social
Nilai
social yang terkandung didalamnya adalah kerjasama sesame tim yang berperan
dalam membawa balon dan menyelesaikan gambar yang menjadi akhir permainan
E.
Desain
permainan
Alat dan Bahan
1. Lapangan
yang luas
2. kayu
kurang lebih setengah meter
3. tali
rafiah secukupnya
4. kertas
hvs
5. gunting
6. pisau
7. balon
8. serpisahan
kertas
9. sterofom
(1 buah)
10. spidol
(2 buah)
waktu : tidak
ditentukan
peserta 8 orang
(bermain secara berpasangan)
Cara bermain :
1. Star,
anak berjalan dengan jongkok
2. melompat
dengan 1 kaki yang di batasi tali
3. ambil
1 balon kemudian dibawa secara bersamaan oleh keduanya, dari pos 1 ke pos 2
bawa balon dengan kening, kemudian pada pos ke 2 sampai pos 3 diganti bawa balon dengan perut
4. setelah
tiba di pos 3letuskan balon tadi dengan cara apapun kecuali dengan jarun atau
kayu atau sejenisnya
5. kemudian
ambil kertas kecil yang ada pada balon tersebut, cari gambar yang sesuai dengan
gamabar yang dikertas kecil tadi,
kemudian lanjutkan garis gambar tersebut dan tempelkan pada papan yang telah
ada disediakan dan permainan finish.
- Peraturan permainan
Adapun peratuaran pada permainan ini sederhana sekali yang mana setiap pasangan atau tim ini harus
membawa bola sesuai aturan yang yang telah ditentukan dan tidak boleh jatuh
atau meletus sebelum samapai pada pos ke 3, jika jatuh ambil lagi balon nya dan
jika pecah mulai dari pertama dan ambil balonnya lagi dan pada pos ke 3
letuskan balon, ambil kertas dalam dari balon yang dipecahkan tadi, kemudian
cari gambar yang mirip dengan kertas tadi kemudian lanjutkan garis gambar
tersebut dan temple pada papan yang telah disediakan. Permainan ini harus di
selesaikan oleh semua anggota kelompok secara berpasangan.
BAB III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Permainan dilakukan ditempat yang luas
dalam anggota yang banyak dan juga dapat disesuaikan. Dalam permainan ini dapat
melatih kekompakan dan motorik halus anak dalam bermain. Selain itu jug adapt
melatih konsentrasi anak dalam menyeesaikan gambar. Sehingga dalam sebuah permainan sederhana kita dapat
melatih kognitif, afektif, psikomotor dan social anak.
B.
SARAN
Penulis
menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna, kritik dan saran
yang bersifat membangun dari pembaca sekalian sangat penulis harappkan guna
kesempurnaan makalah ini di masa mendatang.
DAFTAR PUSTAKA
Aini.2006.membaca
dan Menulis Seasyik Bermain.Bandung:Mizan Media Utama.
http://bidanku.com/perkembangan-motorik-halus-anak
http://www.bppaudnibanjarbaru.org/index.php/berita-dan-informasi-umum/163-buat-mainan-sesuai-karakter-usia-dini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar